Pemdes MAYKID Ikut LAUNCHING Kios Adminduk Di Pendopo Kartini Jepara

  • Jun 13, 2023
  • Fery Wibowo

#Maykid_HotNews, 12 Juni 2023

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, membuat layanan baru yang diberi label ’Kios Adminduk’.

Layanan ini dibuat untuk pengurusan beberapa dokumen kependudukan yang hanya cukup sampai di desa saja.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Jepara, Abdul Syukur mengatakan, selain untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat, Kios Adminduk diberikan untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang tidak bisa mengakses pelayanan daring karena berbagai sebab.

Pihaknya sudah memetakan dan menganalisa dari aduan yang masuk di portal aduan bahwa banyak warga yang tidak mampu mengakses pelayanan dari di situs Pindang Cemplung. Dari analisanya, mereka tidak bisa akses karena gaptek teknologi informasi, tidak memiliki gadget yang sesuai spesifikasi layanan daring dan bahkan masih banyak wilayah yang tidak terjangkau jaringan internet.

Padahal, mereka sejatinya memiliki hak yang sama untuk mendapatkan layanan administrasi kependudukan. ”Oleh karena itu, negara harus hadir memberikan pelayanan kepada mereka tanpa diskriminasi. Wujudnya, pembentukan Kios Adminduk di desa,” kata Abdul Syukur, Senin (12/6/2023).

Syukur menambahkan, selain Kios Adminduk di desa, layanan lain seperti Pindang Cemplung, Kapal Layar, Sate Kerapu, Cerita Lalu serta layanan jemput bola masih tetap dilaksanakan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Wahyanto menjelaskan, pada tahap awal baru 60 desa yang ditunjuk untuk melaksanakan Kios Adminduk ini. Untuk Kecamatan Mayong yang menjadi Pilot Project adalah 4 Desa yaitu Desa Mayongkidul, Desa Mayonglor, Desa Bungu dan Desa Pancur. Jika ini berhasil, maka pada tahun 2024 semua desa akan dibentuk Kios Adminduk.

”Sementara kita masih pilot project tapi tahun depan akan kita laksanakan menyeluruh di semua desa. Adapun jenis layanan yang diberikan adalah pengurusan KTP, KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian dan perpindahan penduduk antar desa dan antar kecamatan,” kata Wahyanto.

Di sisi lain, Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta memberikan apresiasi kepada Disdukcapil yang terus melakukan inovasi layanan. Kios Adminduk itu diharapkan mampu membantu warga yang tingkat pendidikannya masih kurang serta yang berusia lanjut.

”Mereka ini harus kita tolong agar mampu mengakses layanan publik. Tolong juga dijaga keberlanjutannya agar semua desa tahun depan dapat dilayani Kios Adminduk,” pesan Edy Supriyanta. 

Berita Dari Murianews

 

Editor Pak_Carik_Ku

 

.#PemdesMaykidBisa

#PemdesMaykidOK

#PemdesMaykidHadir

#KiosAdmindukMaykid