PELEPASAN SISWI PRAKERIN SMK BALEKAMBANG

#PEMDESMAYKIDBAKTIPENDIDIKAN, 07 APRIL 2021. Tujuan prakerin penting untuk diketahui para siswa. Ada beberapa sekolah yang mewajibkan siswanya untuk melakukan prakerin tersebut. Meskipun banyak siswa sering mengeluh karena harus bekerja tanpa digaji, namun prakerin penting dilakukan. Oleh sebab itu mengapa tujuan prakerin ini penting untuk dipahami agar para siswa tidak mengeluh melakukan prakerin.

Prakerin (Praktek Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya. Dari pengertian tersebut, dapat diketahui tujuan dari prakerin tersebut yakni meningkatkan kemampuan siswa.

Praktek kerja industri atau yang disingkat dengan prakerin merupakan kegiatan yang diupayakan dari sekolah yang melibatkan siswa siswi khususnya SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan dilaksanakan di dunia industri untuk tujuan pendidikan.

Pelaksaan prakerin ini dilakukan dengan prosedur tertentu. Tujuan prakerin untuk siswa yakni, ketika magang di suatu tempat kerja yakni baik dunia usaha maupun di dunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya.

Di Tahun 2021 ini Pemdes Maykid termasuk yang Perdana / Pertama kalinya menerima sisa siswi untuk Prakerin. ini terjadi karena tindak lanjut dari pertemuan di kecamatan mayong saat Rakor Carik, Petinggi dan Lintas Sektoral, disaat Rakor tersebut hadir tamu dari Pondok Pesantre balekambang, saat tamu memaparkan maksud dan tujuannya yaitu untuk bekerja sama dengan pemdes-pemdes yang ada di Kecamatan mayong untuk ditempati para santriya SMK Jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) untuk Prakerin di desa-desa yang ada di kecamatan mayong, dengan maksud dan tujuan adalah untuk meningkatkan kemajuan teknologi informasi (internet) yang ada di desa dan memaksimalkan webside Desa dengan segala manfaatnya. dan alhamdulillah semua petinggi setuju dan Prakering dimulai dari 07 Maret 2021 (Penerjunan siswa siswi) dan berakhir 07 April 2021 (Penarikan siswa siswi). Di Pemdes Maykid sendiri alhamdulillah saat penerimaan siswi santri Balekambang diterima langsung oleh bapak Petinggi Mayongkidul Bapak Buono, S.Pd dan Bapak Carik mayongkidul bapak Fery Wibowo, S.T. Di Pemdes maykid untuk sarana prasaran teknologi informasi sudah ada, yaitu jaringan internet (wifi) sudah tersedia dan webside Desa juga sudah ada. Untuk itu di Pemdes Maykid para santri yang Prakering kita maksimalkan untuk melengkapi webside desa yaitu dengan input data penduduk, karena keterbatasan waktu Prakering maka input data penduduknya belum bisa selesai 100% (Baru sekitar 40%). kedepan Pemdes Maykid akan terbuka untuk menerima para siswa siswi yang mau prakerin di Desa Mayongkidul karena untuk Bhakti Pendidikan Pemdes Maykid ke Masyarakat. Berapapun waktunya prakerin semoga para siswa siswi bisa mengambil pengalaman dan ilmunya bermanfaat dimasa yang akan datang.

#PemdesMaykidOk #PemdesMaykidBisa #PemdesMaykidHadir #PemdesMaykidbaktiPendidikan

#Berikut Foto-Foto saat Penerimaan Santri SMK Balekambang

#Berikut Foto-Foto saat kegiatan Prakerin Di Pemdes Maykid

#Berkut Foto Pelepasan Santri Prakerin SMK Balekambang

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan