Pelepasan dan Penyerahan Kenang-Kenangan KKN Tematik UMK TA 2021 Desa Mayongkidul

#HotNewsInfoMaykid, 18 Oktober 2021

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan intrakurikuler di perguruan tinggi yang berorientasi kepada masyarakat dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa. Pengabdian merupakan salah satu dari tridharma perguruan tinggi, Tri Dharma Perguruan Tinggi memiliki dua fungsi utama. Pertama, sebagai media diseminasi ilmu pengetahunan, teknologi, dan seni yang menjadi core kajiannya dalam praktik atau kerja nyata di masy arakat. Kedua, sebagai wahana untuk melakukan riset atas beberapa problem yang muncul di masyarakat untuk dicarikan solusi.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh perguruan tinggi harus mampu melaksanakan dua fungsi tersebut. Artinya, kegiatan KKN mampu mendarmabaktikan pengetahunan dan keterampilan (kompetensi) sesuai bidang keilmuan yang didalami di bangku kuliah kepada masyarakat dan sekaligus menjadi uji validitas atas kompetensi yang telah dikuasai. pelaksanaan program KKN sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang diharapkan dapat membangun dan saling bersinergi dalam mengatasi dinamika yang ada di masyarakat.

KKN tahun 2021 dalam penyelenggaraannya dihadapkan pada situasi yang berbeda dengan kondisi sebelumnya, pada tahun ini masyarakat seluruh dunia dihadapkan pada pandemi akibat menyebarnya kasus COVID-19 yang menganjurkan semua pihak untuk melaksanakan aktivitas dari rumah. Kondisi ini yang mendorong pelaksanaan KKN dari rumah guna menghindari kerumunan serta mengurangi dampak dari penyebaran COVID-19.

KKN Tematik KKN Tematik Pencegahan serta Penanggulangan Dampak COVID-19 dan Ketahanan Pangan adalah KKN yang dilaksanakan program studi dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan dari tempat tinggal masing-masing mahasiswa. Dalam pelaksanaannya dapat memanfaatkan sosial media dan melaksanakan produktivitas keilmuan mahasiswa sesuai program studi masing-masing. KKN Tematik Pencegahan serta Penanggulangan Dampak COVID-19 dan Ketahanan Pangan diwujudkan melalui penguatan dan kepedulian terhadap wabah COVID-19, ketahan pangan dan juga kompetensi keilmuan berbasis kefakultasan.

Berbeda dari tahun-tahun sebelum COVID-19 menyebar luas di Indonesia, kegiatan KKN di Universitas Muria Kudus yang biasanya menempatkan mahasiswanya di daerah Pati, Grobogan, dan Jepara kini harus menempatkan mahasiswa di domisili masing-masing. Pelaksanaan kegiatan KKN Tematik Pencegahan serta Penanggulangan Dampak COVID-19 dan Ketahanan Pangan dilaksanakan di Desa Mayongkidul karena lokasi KKN merupakan daerah asal mahasiswa. Sesuai arahan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) perguruan tinggi Universitas Muria Kudus jika pelaksanaan KKN lebih baik di desa masing masing untuk mengurangi mobilitas dan penularan COVID-19.

Tujuan dari KKN Tematik ini adalah untuk memecahkan suatu masalah atau problem solving dalam tema tertentu. Disini peran mahasiswa diharapkan menjadi seorang motivator, dinamisator dan fasiliator demi mencapai target tertentu di dalam pengabdian masyarakat nantinya. Mahasiswa dibimbing dan dimonitoring oleh Dosen Pembimbing Lapangan dengan menggunakan sistem daring atau online.

#Foto-Foto Kegiatan KKN UMK TA 2021

#Penyerahan Laporan KKN UMK TA 2021

#Penyerahan Kenang-Kenangan KKN UMK TA 2021

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan