HASIL PEMANTAUAN HILAL UNTUK MENENTUKAN HARI RAYA IDUL FITRI 1442 H DI JEPARA

MAYKIDNEWS, Jepara – Rukyatul hilal atau pemantauan bulan baru untuk memastikan jatuhnya Hari Raya Idulfitri dilaksanakan di Pantai Semat, Kecamatan Tahunan, Jepara, Selasa (11/5/2021) sore. Namun, sayangnya hilal pertanda awal Syawal itu tidak terlihat.

Dari pantauan, sejumlah alat teropong dipakai untuk melihat hilal. Banyak tokoh agama dan mahasiswa turut memantau hilal dari bibir Pantai Semat.
Rukyatul hilal dilaksanakan oleh Lajnah Falakiyah Kabupaten Jepara dan Fakultas Syariah Unisnu Jepara. Pelaksanaan rukyatul hilal ini sebelumnya menuai keraguan. Sebab, posisi hilal diprediksi tidak memenuhi syarat.
Hudi, dosen Fakultas Syariah Unisnu Jepara, menjelaskan bahwa dari seluruh wilayah Indonesia, pengamatan bulan sabit (rukyah hilal) pada Selasa sore tanggal 29 Ramadan 1442 (11/05/2021) diragukan akan terlihat.
Ia menjelaskan, bahwa posisi masih berada di bawah ufuk. Sekitar -3,6 sampai dengan -4,8 derajat. Cuaca langit di Pantai Semat saat matahari terbenam juga mendung.
“Hilal tidak mungkin atau muhal terlihat (istihatur ru’yah) dan hilal belum ada (adamul hilal) karena ketinggian bulan sabit masih dibawah ufuk,” terang Hudi.
Untuk itu, lanjut dia, kemungkinan besar Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada hari Kamis esok. Namun begitu, pihaknya tetap melaporkan hasil dari rukyatul hilal dari Pantai Semat Jepara.
“Kalau berdasarkan rukyatul hilal yang kami lakukan, besar kemungkinan Idul Fitri tiba hari kamis. Tapi keputusan tetap di pemerintah pusat,”
#PemdesMaykidOk
#PemdesMaykidBisa
#PemdesMaykidHadir
#PemantauanHilalJepara

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan